forumausape - Berita Seputar Perkembangan Internet Saat Ini

Loading

Dampak Positif dan Negatif Gadget Game bagi Masyarakat Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Gadget Game bagi Masyarakat Indonesia


Gadget game, siapa yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini? Dampak positif dan negatif dari gadget game bagi masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipungkiri. Ada yang mengatakan bahwa gadget game dapat memberikan hiburan dan meningkatkan kreativitas, namun ada pula yang menyebut dampak negatifnya seperti menyebabkan kecanduan dan mengganggu produktivitas.

Menurut dr. Elvira Kusuma, seorang psikolog klinis, “Dampak positif dari gadget game adalah dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan kognitif pada anak-anak. Mereka juga dapat belajar tentang kerjasama dan strategi dalam bermain game.” Namun, dr. Elvira juga menambahkan bahwa “Dampak negatifnya adalah jika penggunaan gadget game berlebihan, dapat menyebabkan isolasi sosial dan gangguan tidur.”

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan gadget game di Indonesia semakin meningkat. Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), terdapat peningkatan pengguna game online di Indonesia sebesar 15% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain game di gadget mereka.

Namun, tidak semua orang sepakat dengan penggunaan gadget game. Menurut Ahmad, seorang guru di salah satu sekolah di Jakarta, “Saya melihat dampak negatif dari gadget game bagi siswa-siswa kami. Mereka menjadi kurang fokus dalam belajar dan lebih memilih untuk bermain game daripada menyelesaikan tugas sekolah.”

Dampak positif dan negatif dari gadget game bagi masyarakat Indonesia memang masih menjadi perdebatan. Namun, yang pasti adalah pentingnya penggunaan gadget game dengan bijak. Sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus mampu mengendalikan diri dan tidak terlalu tergantung pada gadget game. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang dampak dari penggunaan gadget game bagi masyarakat Indonesia.