Pemanfaatan Gadget Sebagai Alat Bantu Pembelajaran: Solusi Belajar Daring di Masa Pandemi
Pemanfaatan Gadget Sebagai Alat Bantu Pembelajaran: Solusi Belajar Daring di Masa Pandemi
Belajar daring atau online learning telah menjadi solusi utama dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Namun, untuk mendukung efektivitas belajar daring, pemanfaatan gadget sebagai alat bantu pembelajaran menjadi sangat penting.
Menurut Dr. Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Gadget dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam proses pembelajaran daring. Dengan gadget, siswa dapat mengakses berbagai materi pembelajaran secara praktis dan interaktif.”
Penggunaan gadget dalam pembelajaran daring juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Arief Rachmansyah, seorang pakar pendidikan dari Universitas Indonesia, “Dengan pemanfaatan gadget, pembelajaran dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan individu siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.”
Selain itu, gadget juga memungkinkan adanya interaksi antara guru dan siswa secara real-time. “Dengan adanya fitur-fitur seperti video call dan chat, guru dapat memberikan penjelasan langsung dan siswa dapat bertanya secara langsung kepada guru,” ujar Prof. Dr. Bambang Suryadi, seorang ahli teknologi pendidikan.
Namun, dalam pemanfaatan gadget sebagai alat bantu pembelajaran, perlu juga diperhatikan pengawasan dan pengendalian penggunaan gadget agar tidak disalahgunakan. “Orang tua dan guru perlu bekerja sama dalam mengawasi penggunaan gadget oleh siswa agar tidak terjadi penyalahgunaan dan gangguan dalam proses belajar,” tambah Prof. Dr. Bambang.
Dengan demikian, pemanfaatan gadget sebagai alat bantu pembelajaran telah menjadi solusi efektif dalam proses belajar daring di masa pandemi. Dengan pengawasan dan pengendalian yang tepat, diharapkan pembelajaran daring dapat berjalan dengan lancar dan efektif.