Peran Teknologi Game dalam Pembelajaran di ITB
Pada era digital seperti sekarang ini, teknologi game telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan, termasuk di Institut Teknologi Bandung (ITB). Peran teknologi game dalam pembelajaran di ITB tidak bisa dianggap remeh, karena memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi tersebut.
Menurut Dr. Rully Soelaiman, seorang pakar pendidikan di ITB, teknologi game memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar. “Dengan memanfaatkan teknologi game, mahasiswa dapat belajar secara interaktif dan menyenangkan, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien,” ujar Dr. Rully.
Salah satu contoh penggunaan teknologi game dalam pembelajaran di ITB adalah melalui pengembangan aplikasi game yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep-konsep matematika dan fisika secara visual dan interaktif. Dengan adanya aplikasi game ini, mahasiswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik.
Selain itu, teknologi game juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial mahasiswa. Menurut Prof. Budi Rahardjo, seorang ahli teknologi informasi di ITB, teknologi game dapat membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, bekerja sama dalam tim, serta menghadapi tantangan dan masalah dengan lebih baik.
Namun, meskipun teknologi game memiliki banyak manfaat dalam pembelajaran, Dr. Rully juga menyatakan bahwa penggunaannya perlu diimbangi dengan pengawasan dan pembimbingan yang tepat. “Penting bagi dosen dan pembimbing untuk memberikan arahan dan masukan kepada mahasiswa dalam menggunakan teknologi game agar dapat memperoleh manfaat maksimal dari pembelajaran tersebut,” tambahnya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran teknologi game dalam pembelajaran di ITB sangat penting dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi game secara bijaksana dan efektif, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermanfaat.